UJI KOMPETENSI SUBSIDI BNSP – SERVICE EXCELLENT
Sleman - Dalam rangka peningkatan kualitas SDM, serta untuk peningkatan kualitas pelayanan dan produktivitas, UPN “Veteran” Yogyakarta bekerjasama dengan LSP PARAS melaksanaan Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) BNSP tahun 2019 pada skema service excellent (pelayanan prima). Kegiatan ini diikuti oleh 110 pegawai di lingkungan UPN “Veteran”Yogyakarta baik dari kalangan dosen, tenaga kependidikan hingga satuan pengaman. Sebelum dilaksanakannya uji sertifikasi, terlebih dahulu peserta mendapatkan penyegaran materi tentang Service Excellent yang disampaikan oleh Direktur LSP Paras yaitu Dra. Lisa Natalia, M.Sc., Ph. D. Dalam paparannya beliau menyampaikan bahwa di era sekarang agar dipercaya oleh pelanggan maka harus memberikan pelayanan prima (service excellent). Secara umum pelayanan prima menuntut adanya pelayanan yang didasarkan atas ketrampilan dalam berkomunikasi, mampu bekerja sama dengan kolega dan pelanggan, memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan (berkualitas) sehingga pelayanan efektif dan mampu meningkatkan kinerja. Dalam paparannya, narasumber tidak hanya berceramah tetapi juga melakukan praktik penilaian sehingga peserta awarnes terhadap pelayanan prima. Pada akhir sesi beliau menegaskan bahwa dengan pelayanan prima, maka melayani orang lain berarti juga melayanai diri sendiri dan kita semakin trampil, bertanggung jawab, disenangi, dipercaya, dibutuhkan dan dihargai. Setelah mendapat penyegaran materi, esoknya peserta di uji kompetensi untuk skema service excellent oleh asesor BNSP. Dari kegiatan ini sebanyak 104 pegawai UPN “Veteran” Yogyakarta direkomendasi kompeten dalam skema Service Excellent. Akhir kata semoga para pegawai yang direkomendasi kompeten dalam skema service excellent mampu menerapkan dalam kesehariannya dalam melayani mahasiswa maupun pihak lain yang membutuhkan. Akhir kata, semoga bermanfaat untuk diri kita maupun institusi. (sie)